Cara Cloning Windows dengan Mudah

In Komputer

Istilah kata Cloning mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda yang sudah lama mengenal komputer. Cloning bisa di artikan menggandakan, pada kesempatan kali ini akan saya bahas cara mudah cloning windows menggunakan aplikasi Acronis. Acronis sendiri merupakan aplikasi yang di peruntukan untuk membackup komputer, baik itu data maupun sistem operasinya. Aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi kalangan teknisi karena sangat membantu terutama dalam hal cloning operating system.

Sebagian orang bertanya mengapa harus di cloning, hal ini dilakukan biasanya saat kita akan menginstal komputer lebih dari satu, contoh penginstalan sebuah warnet dan laboratorium komputer yang jumlahnya lebih dari 10 komputer. Jika komputer tersebut di instal manual satu persatu yang jelas akan memakan waktu yang cukup lama. Dengan aplikasi acronis maka untuk instal komputer yang jumlahnya cukup banyak akan bisa selesai lebih cepat di bandingkan dengan instal satu persatu komputer.

Untuk memulai cloning siapkan terlebih dahulu aplikasi acronisnya, jika belum punya bisa download melalui situs resminya Acronis. Kemudian ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

      1. Pasang Hardisk sebagai Master Cloning di sata 1, kemudian Pasang Hardisk 2 sebagai tujuan cloning.
      2. Instal Aplikasi Acronis yang telah Anda download, jika menginginkan yang gratis bisa memakai yang trial.
      3. Buka Aplikasi Acronis yang sudah Anda instal maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas, silahkan anda pilih Cloning Disk
      4. Kemudian pada bagian Clone Mode silahkan pilih yang manual lalu klik next.
        cara-cloning-windows
      5. Pada Gambar dibawah ini menunjukan storage master Cloningan atau source Cloning kita, silahkan pilih yang disk 1 kemudian tekan tombol next.
        cara-cloning-windows
      6. Langkah selanjutnya pada gambar di bawah ini silahkan Anda pilih yang disk 2 untuk sebagai penerima cloningan dari disk 1 kemudian next. Jika muncul dialog “Confirmation: The destination hard disk drive that you have chosen contains some partitions that could contain useful data. Hard disk drive image recovery is possible only if the destination hard disk drive is empty. Click OK to confirm deletion of all the partitions on the destination hard disk drive” silahkan pilih tombol OK saja
        cara-cloning-windows
      7. jika sudah sampai step move method silahkan Anda pilih yang Proportional, kemudian next
        cara-cloning-windows
      8. Untuk langkah di atas setingan untuk cloning kita sudah selesai/finish. Selanjutnya silahkan Anda pastikan terlebih dahulu semua disk sudah benar , disk 1 sebagai souce disk dan disk 2 sebagai  targetnya kemudian klik Proses
        cara-cloning-windows
      9. Jika muncul dialog untuk merestart komputer klik restart saja. Setelah restart maka akan masuk pada mode proses cloning .Silahkan ikuti petunjuk yang ada dan jika proses selesai silahkan matikan komputer anda lalu coba dengan menggunakan hasil cloningan tadi jika berhasil masuk ke windows maka cloningan Anda berhasil.

 

author
Author: 
    Cara Mengatasi “Diagnostic Policy Service is Not Running” Pada Windows 7
    Cara Mengatasi “Diagnostic Policy Service is Not Running” Pada Windows 7
    Pernahkah anda mengalami ethernet atau gambar komputer

    Leave a reply "Cara Cloning Windows dengan Mudah"

    Must read×

    Top